Posted on Leave a comment

Sikat gigi bambu

Sikat gigi yang biasa kita gunakan terbuat dari plastik yang ternyata ketika sudah tak dipakai sulit terurai di alam. Di suatu negara saja bisa berakibat lebih dari berjuta-juta sampah sikat gigi yang berakhir di tempat pembuangan. Padahal keseluruhan bahannya tidak ramah lingkungan. Mulai dari gagang sikatnya yang terbuat dari plastik dan karet pada pegangannya, bulu sikatnya yang terbuat dari nilon, hingga kemasan kardusnya yang juga hanya digunakan saat dari toko lalu kemudian dibuang.

Itulah sebabnya jika hendak mengganti sikat gigi dengan yang baru, dianjurkan untuk memaksimalkan penggunaannya untuk berbagai aktivitas misalnya menyikat lantai, dinding, dan sebagainya agar tidak menambah tumpukan sampah.

Foto: brush with bamboo

 

Saat ini ada juga sikat gigi yang gagangnya terbuat dari bambu sehingga bisa terurai alami setelah tidak lagi digunakan. . Sementara untuk bulu sikatnya masih belum bisa terurai sehingga tetap saja wajib untuk memaksimalkan penggunaannya juga. Bulu sikat yang sudah tidak digunakan bisa dicabut dengan tang dari gagangnya lalu batang bambunya bisa ditancapkan ke pot maupun tanah.

Kedai Kelana Kelapa saat ini juga menjual sikat gigi bambu dengan harga terjangkau yang dilengkapi dengan kotak kardus yang juga bisa didaur ulang secara alami.

 

 

 

 

 

 

Posted on Leave a comment

Sedotan stainless untuk mengurangi sampah

Sedotan stainless bengkok ukuran 20.5 cm kini juga tersedia di kedai kami.

Karena berbahan stainless tentunya sedotan ini hanya membutuhkan sleeve dan tidak perlu pipe case seperti sedotan kaca. Sleeve yang tersedia berbahan katun dan kanvas.

Posted on 1 Comment

Sedotan kaca untuk mengurangi sampah plastik

Jumlah sampah yang ada di bumi semakin menumpuk karena meningkatnya gaya hidup dan konsumsi plastik. Beberapa negara sudah menerapkan larangan menggunakan kantong plastik atau bahkan sempat menerapkan kantong plastik berbayar dalam jangka waktu tertentu.

Penggunaan plastik memang marak sekali. Mulai dari kantong kresek untuk pembungkus makanan dan belanjaan, plastik sebagai tempat sampah, minuman kemasan dalam botol plastik, hingga sedotan.

Sama seperti penggunaan plastik lainnya yang hanya sebentar, sedotan plastik pun juga tak berumur lama. Penggunaannya hanya sebentar untuk kemudian dibuang. Dan banyak sekali jumlah sampah sedotan yang mencemari lautan hingga termakan oleh hewan di laut seperti penyu, paus, hingga termakan juga oleh burung.

Sumber: blog.ukonserve.com

Berikut adalah infografis yang didapatkan dari lessplastic.co.uk

Kita bisa ikut menyelamatkan bumi dengan mulai mengurangi sampah dan menghindari plastik yang tidak dibutuhkan. Misalnya membawa kantong kain ketika berbelanja, membawa botol minum sendiri, dan juga seperti menggunakan sedotan kaca sebagai pengganti sedotan plastik.

Sedotan menjadi hal yang sangat umum dan mudah ditemui, mulai dari warung makanan pinggir jalan hingga restoran-restoran mewah.

Penggunaan sedotan yang sangat banyak mengakibatkan sampah sedotan yang semakin berlimpah. Itulah pentingnya menggunakan barang yang bisa dipakai kembali berulang-ulang.

Mulai Januari 2018, Glassmind yang menjual produk sedotan kaca kini dikelola oleh Kedai Kelana Kelapa.

Sedotan kaca terbuat dari borossilicate, dilengkapi dengan sikat pembersih.

Supaya sedotan kaca aman dibawa ke berbagai tempat dan bisa digunakan di mana saja, tentunya dibutuhkan kemasan yang baik. Maka dibuatlah inner sleeve untuk pelapis sedotan kaca dan dilapisi lagi dengan case yang di dalamnya dilapisi pipa (pipecase). Case dan sleeve tersebut terbuat dari bahan kanvas dan katun.

Sedotan kaca ini tahan panas dan dingin. Sehingga bisa digunakan untuk minuman hangat seperti teh, jahe, susu, maupun minuman dingin semacam smoothie dan jus.

Yuk, kurangi sampah plastik!

Posted on 1 Comment

Peralatan makan kayu

Produk peralatan makan yang kami jual berasal dari kayu sawo dan kayu jati. Seluruh produk aman untuk digunakan karena menggunakan finishing yang ramah (food grade finishing).

Produk akan dikemas dengan dibungkus koran atau kardus, kemudian dilapisi bubble wrap untuk menghindari kerusakan. Produk dikirimkan dengan menggunakan kurir JNE/J&T/TIKI/ Wahana serta menggunakan ojek online yaitu Gojek.

Kami tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang terjadi selama proses pengiriman dikarenakan kami sudah mengusahakan dengan sebaik-baiknya dalam proses pengemasan.

Dari setiap item penjualan peralatan makan kayu hasil penjualan akan disisihkan Rp 1.000 untuk donasi melalui komunitas Kelana Kelapa. Sementara untuk paket per set, yaitu Rp 1.500.

Produk juga bisa dipesan melalui Tokopedia dengan link di sini.

 

Posted on Leave a comment

Produk Kedai Kelana Kelapa

Selamat datang di Kedai Kelana Kelapa. Selamat berbelanja di kedai kami.

Produk yang kami jual meliputi:

  • Peralatan makan dari kayu (sendok, garpu, piring, tatakan, talenan, dan gelas kayu).

Semua produk tersebut aman untuk digunakan alias food grade finishing. Produk dibuat secara homemade dan bergantung pada ketersediaan kayu sehingga warna, detail, dan pola serat tidak sama persis seperti pada foto. Dari setiap penjualan peralatan makan kayu (wooden tableware) akan disisihkan Rp 1.000 untuk donasi.

  • Kaos

Kaos dibuat dengan bahan katun combad 20s. Tidak tersedia stock untuk kaos alias baru dibuat setelah ada pesanan. Dari setiap penjualan kaos akan disisihkan Rp 1.000 untuk donasi.

  • Tote bag

Tote bag dibuat dengan bahan kanvas. Tidak tersedia stock untuk tote bag alias baru dibuat setelah ada pesanan. Dari setiap penjualan akan disisihkan Rp 1.000 untuk donasi.

  • Pot tanah liat

Pot dibuat berbagai bentuk dan ukuran (tabung, ban, dan kotak).

  • Buku

Buku yang dijual merupakan buku pribadi milik admin maupun dari pihak lain yang menitipkan untuk dijual. Buku yang dijual BUKAN merupakan buku donasi yang ditujukan untuk disumbangkan ke perpustakaan.